Blog Catatan Q, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Definisi pengertian dan penggunaan Bandwidth (lebarpita)

Definisi pengertian dan penggunaan Bandwidth (lebarpita)

Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu komputer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.
Secara umum, pengertian bandwidth adalah perbedaan angka antara komponen sinyal berfrekuensi rendah dan sinyal berfrekuensi tinggi atau dapat juga disebut lebar dari cakupan frekuensi yang digunakan sinyal di dalam sebuah medium transmisi. Selain itu, secara umum bandwidth dapat juga diartikan sebagai jumlah data yang dapat dikirimkan melalui saluran komunikasi dalam jangka waktu tertentu.
Definisi, pengertian dan penggunaan  Bandwidth (lebarpita)Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.
Dalam jaringan komputer, pengertian bandwidth adalah jumlah data yang dapat dibawa dari satu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya menggunakan satuan detik) atau lebih sederhananya dapat diartikan dengan besaran volume informasi yang dapat di handle / ditangani persatuan waktu. Jenis bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit (data) per detik (bps). Kadang-kadang, juga dinyatakan dalam byte per detik (Bps).
Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan dan akan mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan komputer tersebut sehingga semakin besar bandwidth pada jaringan komputer maka semakin cepat pula kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.
Pada sebuah jaringan komputer bandwidth dapat dibedakan menjadi 2, yaitu bandwidth digital dan bandwidth analog. Penjelasannya adalah sebagai berikut: 
  1. Bandwidth Digital
    Bandwidth digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  2. Bandwidth Analog
    Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat. 

 

Penggunaan Bandwidth 

Penggunaan Bandwidth untuk LAN bergantung pada tipe alat atau medium yang digunakan, umumnya semakin tinggi Bandwidth yang ditawarkan oleh sebuah alat atau medium, semakin tinggi pula nilai jualnya. Sedangkan penggunaan Bandwidth untuk WAN bergantung dari kapasitas yang ditawarkan dari pihak ISP, perusahaan harus membeli Bandwidth dari ISP, dan semakin tinggi Bandwidth yang diinginkan, semakin tinggi pula harganya. sebuah teknologi jaringan baru dikembangkan dan infrastruktur jaringan yang ada diperbaharui, aplikasi yang akan digunakan umumnya juga akan mengalami peningkatan dalam hal konsumsi Bandwidth. Video streaming dan Voice over IP ([[VoIP]]) adalah beberapa contoh penggunaan teknologi baru yang turut mengonsumsi Bandwidth dalam jumlah besar. 

 

Samakah Kecepatan dengan Bandwidth? 

Perlu diperhatikan bahwa bandwidth itu berbeda dengan kecepatan. Kecepatan adalah jarak yang ditempuh dalam satu satuan waktu, sedangkan bandwidth adalah banyaknya bit yang dapat dikirimkan per detik. Semakin banyak bit yang dapat dikirim dalam satuan waktu misalnya detik, berarti lebih besar bandwidth nya sehingga menjadi lebih cepat kecepatan transfer datanya. Berarti secara tidak langsung dapat diambil kesimpulan bahwa bandwidth lah yang mempengaruhi besarnya kecepatan transfer data di dalam jaringan. Jika kita berpikir bahwa waktu di ibaratkan sebagai jarak, dan bandwidth adalah banyaknya bit yang terletak di selang jarak tersebut, maka akan kita dapatkan bahwa masing-masing bit di dalam selang tersebut memiliki lebar atau width tertentu.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg